Kamis, 25 Agustus 2011

Cara mudah mengetahui rusak tidaknya remote control


Remote control keberadaanya memang sangat penting. Remote ini berfungsi untuk mengendalikan sebuah perangkat dari jarak jauh. Banyak sekali peralatan elektronika yang sekarang menggunakan remote control ini, beberapa contoh diantaranya televisi, DVD player, kamera video hingga LCD proyektor semuanya menggunakan remote control. Dapat dibayangkan jika remote control sekarang belum ada, entah bagaimana cara menyalakan LCD Proyektor yang telah digantung diatap, atau bagaimana cara mengambil foto pribadi disaat anda sedang sendirian.
Tetapi seiring dengan bertambahnya umur sebuah perangkat, pasti akan mengalami kerusakan, tak terkecuali remote control. Apalagi remote control dibuat dengan bahan yang lebih sensitive terhadap goncangan, jika jatuh sekali saja bisa menyebabkan rusaknya remote control.
Remote control menggunakan media infra merah sebagai media utama penghubung dengan perangkat yang akan dikendalikannya. Infra merah yang digunakan mampu merambat diudara hingga radius 10 meter, bahkan ada beberapa perangkat yang lebih jauh lagi.
Tapi bagaimana jika suatu saat, remote control yang anda pakai tidak bisa berfungsi alias perangkat yang mau anda kendalikan tidak ada respon sama sekali ? Mungkin analisa pertama jatuh di baterai yang memang digunakan sebagai energi utama dalam memancarkan infra merah tersebut. Dan kebanyakan memang berhasil pulih kembali. Terus bagaimana jika setelah diganti baterainya, remote control tersebut tetap tidak mau beroperasi seperti semula ?
Apakah anda langsung membeli dengan yang baru (karena beberapa perangkat memang bisa beroperasi dengan remote control yang lain). Apakah anda berani berspekulasi bahwa remote anda yang benar-benar rusak ? Bukan perangkat yang akan dikendalikan ? Nah, dari pada anda modal tebak saja, mending ikuti trik berikut untuk mengetahui kondisi remote control apakah masih dalam keadaan baik atau rusak.
Seperti tadi disampaikan bahwa media utama remote control dalam mengendalikan perangkat lain adalah infra merah, jadi disini kita akan mengetes apakah infra merah tersebut masih memancar dari lampu yang disediakan (biasanya ada dibagian ujung remote control). Berikut langkah langkahnya :
  1. Siapkan kamera handphone tipe apa saja (kamera digital juga boleh)

  2. Sekarang arahkan lampu infra merah remote ke lensa kamera

  3. Tekan sembarang tombol yang ada di remote control sambil perhatikan layar LCD kamera. (jadi disini wajib menggukan kamera yang mempunyai fasilitas layar LCDnya)

  4. Jika remote rusak, maka tidak akan ada yang terlihat pada layar LCD kamera. Tetapi jika remote control masih bagus, maka akan tampak lampu infra merah yang menyala ketika tombol ditekan dan akan mati jika tombol dilepaskan.

  5. Remote juga dikatakan rusak jika lampu infra merah manyala terus walaupun tombol dalam keadaan tidak ditekan.

Nah, demikian trik singkat dari saya, semoga bisa bermanfaat bagi pengunjung semua. Jika anda terbantu mohon tinggalkan pesan. Terima kasih
sumber:http://kehin.blogspot.com/2011/08/cara-mudah-mengetahui-rusak-tidaknya.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar